Fitting Concentric & Eccentric Reducer - Bottom Flat Reducer, Top Flat
  • 2021-10-06
  • Petra Nusa Elshada

Fitting Concentric & Eccentric Reducer

Reducer paling banyak digunakan dalam industry perpipaan, yang berfungsi sesuai dengan namanya. fitting reducer ini berfungsi untuk mengurangi (me-reduce) aliran air atau fluida. Mengurangi disini bukan seperti valve yang mengendalikan dengan membuka atau menutup,

Mengecilkan atau membesarkan arusnya akan tetapi ukuran pipanya saja yang berkurang atau menjadi lebih kecil. Jadi reducer ini akan bertugas untuk menggabungkan dari diameter yang lebih besar ke lebih kecil atau sebaliknya.

Pada dasarnya, reducer tersedia dalam dua gaya yaitu Concentric Reducer dan Eccentric Reducer. Reducer yang paling banyak digunakan dalam industri perpipaan yaitu eccentric reducer

Fitting reducer ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Concentric Reducer

Concentric reducer adalah jenis fitting reducer yang memiliki satu titik pusat atau satu garis tengah (center), yang menjadikan concentric memiliki keseimbangan yang lebih baik dibandingkan dengan eccentric reducer.

Concentric reducer juga disebut kopling konsentris dilas. Hal ini memungkinkan untuk menghubungkan pipa besar ke pipa yang lebih kecil dengan cara pengelasan. Sebuah reducer concentric (konsentris) memungkinkan sambungan dilas antara pipa dengan garis tengah yang sama.

Untuk concentric reducer penggunaannya lebih umum untuk line atau pipa vertikal. Terlebih ketika pompa tersebut bertipa top-top (suction atau dischargenya sama-sama menghadap ke atas) , maka reducer tipe ini bisa digunakan. Selain itu, sambungan pipa jenis ini masih dapat dipergunakan untuk berbagai jenis ukuran lubang yang jika disambungkan maka tidak ada kemungkinan tersumbatnya udara di dalamnya.

2. Eccentric Reduce

Sambungan pipa Eccentric Reducer yaitu jenis reducer yang lebih banyak cenderung lebih banyak digunakan, terlebih pada komponen yang dekat jaraknya dengan pompa. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya udara yang terjebak didalamnya.

Sambungan pipa Eccentric Reducer ini dibagi menjadi dua:

a. Bottom Flat Reducer

Reducer ini memiliki sisi lurus di bagian bawah. Penggunaan bottom flat reducer ini umumnya dapat ditemukan pada pipe rack, sebab agar kondensat dapat mengalir sempurna ke titik terendah dibawah pipanya. Sesuai dengan namanya bottom flat reducer ini juga memiliki sisi yang lurus dibawah, pipa jenis ini juga biasanya digunakan pada pipa yang memuat aliran steam atau uap gas. Hal ini karena pipa yang memuat gas yang mengandung cairan hasil dari pengembunan (kondensat). Untuk melancarkan aliran kondensat ke bagian bawah, bottom flat reducer digunakan sehingga kondensat tersebut mengalir ke bagian paling bawah dan akan terkumpul pada stream trap.

b. Top Flat Reducer

Reducer jenis ini digunakan ketika sunction pompa berasal dari bawah atau jika sunction dari pipa horizontal maka top flat reducer dapat digunakan. Apabila konfigurasi ini pada sunctionnya tetap dipaksakan menggunakan bottom flat atau concentric reducer, maka yang dikhawatirkan adalah terjadinya bubble, atau udara yang terperangkap pada sisi atasnya.

Memperhatikan masalah udara yang terperangkap merupakan hal yang penting karena suction menjadi tidak efektif , sehingga ruang yang seharusnya diisi air menjadi diisi udara.

Gambar 3. Flat on top dan Flat on bottom

Penginstallan Eccentric dan Concentric Reducer

Terdapat berbagai macam cara yang berbeda dalam penginstallan eccentric dan concentric reducer diantaranya:

1. Duct Sealent

2. Self- drill Screw

3. Duct tape

4. Hose clamps

5. Welding

6. Threaded

Saat menggunakan flexible ducting, metode yang umum digunakan untuk memperbaiki sambungan tersebut yaitu dengan menggunakan klem selang (hose clamps), atau yang lebih sering dikenal klip Jubilee. Aksesoris ini memberikan cengkraman yang kuat jika dikencangkan dengan baik.

Namun jika menggunakan metode welding atau pengelasan, harus memperhatikan dan dipastikan untuk membersihkan minyak dan kontaminasi – kontaminasi lainnya dari permukaan untuk mendapatkan hasil las yang kuat, akan lebih baik untuk membersihkan semua polutan dan kotoran dari reducer dan pipa dengan alcohol.