• 2021-10-29
  • PNE Team

Geocell: Keuntungan, Fungsi dan Pemasangannya

Geocell adalah lembaran yang terbuat dari bahan High density polyetylene (HDPE) yang di bentuk menyerupai sarang tawon atau lebah lalu di sambungkan menjadi satu  sehingga menjadi susunan yang kuat. produk material ini mempunyai manfaat khususnya di bidang kontruksi di antaranya mencegah erosi  yang biasanya terjadi di lereng lereng , dan juga untuk perkuatan tanah yang lunak biasanya pada pembuatan jalan.

Pemasangan

Pemasangan Geocell dapat ditempatkan pada lokasi yang sudah direncanakan sebelumnya. Untuk menghindari material ini berpindah, maka dapat dilakukan pemasangan angkur ke permukaan tanah. Masing-masing sel lalu diregangkan sampai menutupi lokasi area yang dikehendaki. Setelah semua permukaan tertutupi, maka bisa dilakukan pengisian.

Material ini dapat diisi dengan pasir dan batu atau sesuai dengan kebutuhan dilapangan lalu dipadatkan. Setelah material pengisi telah mencapai kepadatan tambahkan lapisan penutup seperti tanah atau bahan lain.

pemasangan geocell
Retaining wall

Agar material ini bekerja dengan optimal, lokasi penempatannya harus diukur dengan cermat untuk menghindari adanya celah kosong. Setelah mendapat pengukuran yang akurat, geocell dikirimkan ke lokasi proyek konstruksi untuk dipasang.

geocell perkuatan jalan
Geocell untuk perkuatan jalan

Keuntungan

Penggunaannya juga tentunya banyak sekali ke untungan bagi penggunanya. Di anataranya menghemat waktu karna pemasangan yang tidak rumit, dapat meningkatkan umur Pavment, bisa menghemat agregat / base hingga 40% , dan harga lebih ekonomis.

Produk ini memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar UV, senyawa kimia, organisme. Produk ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap abrasi pantai & erosi di lereng lereng.

Dan untuk pengisiannya pun mudah dapat menggunakan pasir, beton, gravel, tanah setempat , bisa di sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: Cegah erosi lereng dengan geocell

Pengisian geocell
Proses pengisian geocell

instalasi geocel
Pengisian geocell

pemasangan geocell
Pemasangan geocell

Fungsi dan Pemasangannya

Geocell banyak aplikasikan pada dunia konstruksi, selain mudah pemasangannya material ini juga disukai karena harganya relatif lebih rendah dibandingkan material geosintetik lain. Untuk biaya maintenance pun tidak terlalu mahal sehingga sangat disarankan untuk proyek jangka panjang. Material geosintetik ini dapat diaplikasikan untuk, stabilisasi tanah, pemulihan vegetasi, perkuatan lereng dan proteksi galian.

geocell perkuatan tanah
Geocell perkuatan tanah

Betapa banyak keuntungan dan manfaat penggunaan produk ini dan  memudahkan serta mempercepat pekerjaan (khususnya di bidang kontruksi).

Hubungi kami