• 2021-09-29
  • Admin

Perkuatan Jalan Akses Perkebunan Kelapa Sawit

Permasalahan utama yang sering dihadapi pada perkebunan kelapa sawit di Indonesia yakni jalan akses. Sering rusaknya infrastruktur jalan terutama pada musim penghujan membuat efisiensi produksi berkurang. Tentu untuk memperbaiki hal ini diperlukan biaya maintencane kendaraan/ infrastruktur jalan yang sangat mahal. Hal ini sudah menjadi siklus dan sering terulang setiap tahunnya.

Geocell merupakan produk geosintetik 3 dimensi yang mampu memberikan perkuatan tanah dasar pada jalan akses terhadap aktivitas mobilisasi kendaraaan berat. Dengan adanya geocell, penggunaan material timbunan dapat diefisiensikan hingga 40% dibandingkan dengan konstruksi jalan akses tanpa menggunakan geocell.

Biaya material murah, pemasangan mudah , serta efek perkuatan pada tanah dasar yang meningkat secara signifikan menjadikan material ini pilihan terbaik untuk akses jalan perkebunan kelapa sawit. Hal ini sudah terbukti dengan minim nya maintenance pada proyek penggunaan geocell pada jalan akses perkebunan kelapa sawit.