Terpal Tambak - Geomembran, Terpal Tambak Udang dan Ikan

Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2021-10-08
  • Admin

Terpal Tambak

Plastik tambak atau Terpal Tambak merupakan material yang sudah umum digunakan oleh para pengusaha tambak di Indonesia. Material Plastik Tambak umumnya terbuat dari HDPE Geomembrane dengan ketebalan 0,3 mm s.d 0,5 mm. Geomembrane HDPE dipilih karena memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca, matahari, dan zat kimia tanah.

Plastik tambak memiliki peran dalam menambahkan nilai ekonomis hasil panen.

terpal tambak

1. Petani Garam

Bagi petani garam, tambak yang dialasi oleh terpal dapat langsung dipanen, sebab garam tersebut tidak tercampur lumpur dan bersih. Hal ini berbeda dengan petani garam konvensional , dimana pada tahun pertama garam masih bercampur dengan tanah.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Hasil Tambak Garam

Selain itu, proses pengeringan pada area tambak juga berlangsung cepat akibat adanya plastic hitam HDPE ini.

Penggunaan plastic ukuran 0,3 mm masih cukup kuat sebagai alas tambak garam. Material ini memiliki ketahanan terhadap matahari /sinar UV dan juga kedap terhadap kebocoran

terpal tambak garam

2. Tambak Udang/ Tambak Ikan

Bagi petambak udang/ ikan, alas tambak sangat memiliki peran penting, karena mengurangi penumpukan zat organic pada dasar kolam. Sebab, tanpa alas tambak, material organic ini akan bereaksi dengan tanah menyebabkan gas yang bersifat “beracun” dan bisa menyebabkan penyakit pada udang atau ikan Selain itu, jumlah pakan ikan atau udang juga menjadi lebih efisien karena tidak terserap tanah.

Baca Juga: Proses Pembuatan Tambak Udang

Riset membuktikan bahwa tambak dengan alas tambak juga memperlihatkan pertumbuhan udang dengan kualitas yang lebih baik. Untuk waktu 70 hari, tanpa alas tambak, dapat menghasilkan 5375 kg/hektar sementara dengan tambak dapat menghasilkan 5960 kg/hektar.
Peningkatan hasil produksi karena kualitas air pada tambak yang dilapisi terpal tambak lebih baik dibandingkan kualitas air tanpa terpal tambak.

Penggunaan plastic ukuran 0,5 mm merupakan ketebalan umum digunakan sebagai alas tambak udang/ikan. Material ini memiliki ketahanan terhadap matahari /sinar UV dan juga tahan terhadap aktivitas udang/ ikan yang aktif bergerak.

terpal tambak udang
pemasangan geomembrane